10 Monumen Yang Menakjubkan di Dunia

Karya seniman memang kadang tidak dapat kita duga hasilnya.. beberapa karya bisa dibilang menakjubkan.Berbagai tempat di dunia ini mempunyai monumen-monumen yang menjadi simbol di tempat tersebut..,mulai dari yang sederhana sampai yang megah. Berikut ini gue coba mengarsipkan monumen-monumen yang tertinggi dan menakjubkan di dunia ini.Semoga menjadi motivasi bagi para seniman-seniman yang membaca artikel ini.Check this out !!

Ushiku Daibutsu, Japan.

Monumen tertinggi yang ada di dunia berada di Ushiku, Japan. Rampung pada tahun 1995. Mempunyai tinggi 120m dari tanah,termasuk 10m dari tinggi pelatarannya dan 10m tinggi teratai pada monumen tersebut.Didalam monumen tersebut telah disediakan sebuah lift untuk pengunjung yang bisa membawa pengunjung hingga ke ketinggian 85m,tempat dimana ada satu pelataran lagi untuk melihat pemandangan sekitar dari atas.



Bayhan, Afghanistan.

Budha of bayhan ini adalah monumen patung berbentuk budha yang dibuat di tebing Afghanistan.terletak sekitar 230km dari utar kota Kabul,mempunyai tinggi sekitar 55meter. Namun sayangnya monumen ini dihancurkan oleh organisasi Taliban pada tahun 2001 lalu.Dapat dilihat di foto bawah ini,bahwa sebagian wajah patung tersebut akhirnya rusak.Kemudian dalam misi membangun kembali bagian yang rusak tersebut,beberapa negara dan organisasi ikut berpartisipasi. Diantaranya,Jepang,Swiss,UNESCO dan yang beberapa negara lainnya.


Lanshan, China.

Monumen yang dibuat di tebing ini bertempat di lanshan,china.Mempunyai tinggi sekitar 71m dari tanah.Menjadi salah satu tempat pariwisata terkenal di kawasan tersebut.Setiap harinya beribu-ribu turis datang ke tempat tersebut,baik pengunjung lokal maupun dari luar negri.

Motherland,Kiev, Ukraine.

Patung motherland dari kiev ini adalah monumen yang di buat untuk mengenang perang dunia ke-2 yang di sebut juga Great Patriotic War.Patungnya mempunyai tinggi 62m,namun secara keseluruhan mempunyai ketinggian 102m.

Liberty Island, New York.

Monumen ini disumbangkan oleh Prancis kepada Amerika pada tahun 1886,berdiri di antara Liberty Island,New York di dekat pelabuhan.Monumen ini terbuka bagi semua pengunjung.

Guanyin, Sanya, China.

Monumen ini berada disebuah propinsi kecil Hai Nan,China.Tepatnya di taman Yalong Wan yang terletak sekitar 7,5km dari pantai Sanya city.Patung setinggi 108m ini rampung pada mei 2005 dan menjadi salah satu monumen tertinggi didunia.


Rio de Janeiro, Brazil.

Patung ini menjadi karya besar bagi warga Rio De Janiero,Brazil.Monumen sosok Yesus Kristus ini mempunyai tinggi 32m dan berat 1000ton.Berlokasi di atas gunung Corcovado yang mempunyai tinggi 710m di Tijuca Forest National Park.Dari atas gunung tersebut,seluruh bagian kota tersebut dapat terlihat.


Jakarta, Indonesia.

Monumen nasional atau yang sering di sebut sebagai Tugu Monas ini terletak di pusat kota Jakarta,Indonesia. Dengan tinggi 137m ,monumen yang menjadi simbol dari kebangkitan indonesia ini dibuat pada tahun 1961 oleh Presiden Soekarno namun tidak selesai sampai tahun 1975 oleh Soeharto. Puncak dari monumen ini berbentuk api dan terbuat dari 14,5 ton perak yang dilapisi emas seberat 35kg. Pengunjung dapat melihat isi kota dari atas dengan fasilitas lift di dalam monumen tersebut.

Moscow, Rusia.

Patung Peter I ini menjadi pahatan tertinggi di dunia.

Huangdi and Yandi, China.

Monumen kuning raja Huangdi dan Yandi ini berada di cina,dengan tinggi 103m.

Volgograd, Russia.

Patung yang juga bernama "motherland" ini.Rampung pada tahun 1967.Terbuat dari 7900ton semen oleh Nikolai Nikitin.Tinggi Keseluruhan termasuk dengan pedang adalah 169m.

Menarik bukan karya seniman-seniman ini? Masih ada menara eiffel sih,namun menurut para ahli,itu tidak termasuk monumen karna tidak terbuat dari bahan pahatan melainkan dari baja..

sumber: http://blognyajose.blogspot.com/2010/03/10-monumen-yang-menakjubkan-di-dunia.html



Share
This!!